Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Wajah Kamu Berjerawat

Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Wajah Kamu Berjerawat

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Selain karena penyebab tersebut munculnya jerawat juga bisa ditimbulkan oleh kebiasaan buruk kita setiap hari, berikut kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan jerawat :

kebiasaan-buruk-penyebab-jerawat

1. Memakai Pembersih Wajah Terlalu Sering

Sangat penting untuk memiliki kulit wajah yang bersih. Namun, jika terlalu sering mencuci wajah hanya akan membuat jerawat semakin memburuk. Bersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih wajah dua kali sehari, pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2. Menggosok Wajah Terlalu Keras

Misalnya ketika kita menggosok wajah dengan handuk, tisssue, atau bahan lainnya itu akan menyebabkan iritasi dan akan memunculkan jerawat bahkan membuatnya lebih parah. Sebaiknya gunakan bahan yang lembut dan menggosok wajah secara perlahan.

3. Membiarkan Keringat Mengering

Setelah melakukan aktivitas atau berolahraga baik itu didalam ruangan atau diluar, tentu akan membuat kita berkeringat untuk itu jangan biarkan keringat mengering dengan sendirinya tapi usap keringat dengan handuk yang berbahan lembut.

4. Menyentuh dan Memijat Jerawat

Jangan lakukan ini jika anda tidak mau memiliki jerawat karena memegang  atau memijat jerawat dengan tangan akan menambah infeksi terlebih jika tangan kita kotor. Jadi, biarkan jerawat dan tetap pelihara kebersihan wajah karena jerawat akan mengering dengan sendirinya.

5. Tidak Keramas  Rambut

Kulit kepala yang berminyak merupakan penyebab masalah jerawat karena minyak yang ada dikepala akan mengalir ke wajah, sebaiknya lakukan keramas rambut secara rutin agar minyak dari kulit kepala dapat hilang.

6. Produk Perawatan Rambut Yang Mengenai Wajah

Ketika kita akan melakukan perawatan rambut seperti memakai Hair spray, gel, mousse, dan produk perawatan rambut lain sebaiknya hindarkan dari wajah anda karena ini akan menutup pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

7. Makan Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak tentu akan menimbulkan jerawat jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebih jadi  atur pola makan kamu dengan mengkonsumsi makanan sehat, dan hindari makanan junkfood.

8. Menghentikan Pengobatan Jerawat

Dalam melakukan pengobatan masalah jerawat tentu tidak akan langsung terlihat hasilnya jadi  jangan menghentikan pengobatan jerawat di tengah jalan. Sebaiknya lakukan pengobatan masalah tersebut sampai selesai.
 
Semoga artikel ini bermanfaat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »